“Command Center” Langkah Awal menuju Digital Village

command center
Command Center Kab. Demak

Integrasi teknologi informasi dalam kehidupan masyarakat tak dapat dihindari. Bahkan akhir-akhir ini konsep smart city atau kota pintar semakin mengemuka. Hampir setiap kota di dunia berlomba-lomba menjadi yang paling depan dalam mengintegrasikan produk teknologi informasi, tak terkecuali di Indonesia. Menuju smart city, beberapa kota di Indonesia telah melengkapi dirinya dengan pusat kendali berbasis teknologi informasi atau yang dikenal sebagai command center, seperti:

Bandung “Bandung Command Center”

Manado ” Cerdas Command Center”

Purwakarta “ORGAN LOPIAN Purwakarta”

Semarang “Situation Room” dan masih banyak “command center” kota/kabupaten lain

Berawal dari ide Command center di kabupaten/kota pergeseran integrasi teknologi informasi mulai merambah ke Pemerintah Desa yang semakin kedepan dituntut supaya bisa mengikuti perkembangan jaman yang serba digital. itu yang didapat dari sosialisai Perkembangan Teknologi dan Keterbukaan Informasi  dalam BINTEK PSI APARATUR DESA oleh Dinkominfo Kabupaten Demak di gedung Gradhika Bina Praja Kab. Demak tanggal 3 Juni 2020.

Command Center Kab.Demak
Command Center Kab.Demak

Pemerintah Desa Sambiroto Kec. Gajah Kab. Demak, saat ini sudah menerapkan jaringan internet gratis bagi masyarakat pada umumnya setiap pengguna smartphone hampir disetiap penjuru desa bisa mandapatkan layanan internet gratis dan yang saat ini masih dikembangkan untuk aksesibilitas user . Hal ini merupakan bentuk perwujudan Desa Mandiri Berbasis Digital yang senantiasa diwujudkan dalam visi misi Kepala Desa Sambiroto Bapak Agus Sukamto.

Dalam mengoptimalkan  pemanfaatan jaringan internet yang sudah ada di wilayah Desa Sambiroto serta pemanfaatan Tiang Lampu jalan yang sudah terpasang di seluruh penjuru Desa bisa dimanfaatkan untuk pemasangan CCTV online untuk pemantauan dan pengawasan keamanan Desa , Pemerintah Desa lewat ide dari Command Center Kabupaten Demak melirik untuk mengembangkan command center bisa diaplikasikan di Pemerintah Desa. Hal ini adalah salah satu inovasi yang luar biasa. Digitalisasi layanan ini di harapkan menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi dan menciptakan ketertiban warga dalam kehidupan bermasyarakat.

About sambiroto 21 Articles
desa sambiroto yang aman maju dan indah menuju terangnya swasembada pangan dan pembangunan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan