Terjawablah sudah Keresahan Warga

Pandemi virus corona atau Covid-19 telah menimbulkan berbagai dampak termasuk gejolak ekonomi dan sosial. Di Kabupaten Demak pandemi Covid-19 ini telah menimbulkan keresahan yang disebabkan berbagai faktor. salah satunya ekonomi dan sosial.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mendorong pemerintah untuk segera menyalurkan dana atau bantuan untuk memberi asupan kepada warga yang kesulitan mencari uang selama masa pandemi virus corona Covid-19. Agus menilai, upaya tersebut perlu dilakukan guna mencegah terjadinya keresahan sosial “social unrest” yang bakal semakin memperkeruh suasana di tengah pandemi Covid-19.

Menyikapi hal tersebut pemerintah mulai memfokuskan sebagian besar anggaran untuk menangani wabah tersebut salah satunya bidang ekonomi dan sosial. pemerintah saat ini mempunyai beberapa program bantuan tunai uang maupun bantuan non tunai. Pemerintah terus mempercepat pencairan anggaran bantuan sosial untuk masyarakat terdampak.

Upaya ini diharapkan dapat membantu masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menjaga daya beli khususnya menjelang bulan Ramadan. Anggaran untuk bantuan sosial sudah mulai disalurkan lebih cepat dari rencana awal.

Karena ada berbagai macam bantuan dari pemerintah yang sudah dicairkan mulai menjelang ramadhan , hal ini malahan menjadikan polemik baru bagi pemerintah desa khususnya yang manjadi titik akhir realisasi bantuan sosial tersebut. Masih adanya keterlambatan penyaluran akibat sinkronisasi data antara yang dikeluarkan dari dinas sosial dan kenyataan dilapangan. Padahal dari salah satu program yang belum cair banyak warga jompo sangat miskin dan tidak bekerja yang termasuk didalamnya.

Hari ini senin tanggal 10 juni 2020 bantuan BPNT Perluasan khususnya Desa Sambiroto mulai mencairkan dalam bentuk sembako selama 2 bulan dan sekarang terjawablah sudah keresahan warga jompo miskin yang saat ini belum pernah terjamah bantuan dari pemerintah.

Hingar bingar dari raut wajah warga yang sudah lama menanti datangnya bantuan yang dijanjikan pemerintah kepada dirinya mulai terlihat. dan ini membuktikan betapa seriusnya dalam upaya Pemerintah dalam menangani pandemi COVID  19  dalam bidang ekonomi dan sosial.

 

About sambiroto 21 Articles
desa sambiroto yang aman maju dan indah menuju terangnya swasembada pangan dan pembangunan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan