Pelaksanaan Padat Karya Tunai Desa, Dalam Peningkatan Jalan Usaha Tani Blok Bebek Sambiroto

  • Sep 29, 2022
  • Muslichun Alcharis
  • PEMBANGUNAN

Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Salah satu bentuk penerapan PKTD di Desa Sambiroto yakni, Kegiatan Pembangunan Jalan Usaha Tani yang terletak di Blok Bebek guna mendukung perekonomian petani dan daya jual bagi Masayarakt Desa.

Dalam Pembanguan tersebut pelaksanannya menggunakan Tim Pelaksana Kegiatan yang bertugas merencanakan, mengawasi pelaksanaan dilapangan serta melakukan pelaporan hasil kegiatan kepada Kepala Desa. Dengan dibangunnya akes jalan tersebut diharapakan dapat mebantu dalam meningakatan ekonomi para petani dalam transaksi  jual beli barang hasil panen dari Sawah sehingga daya jual bisa lebih mahal karena akes jalan yang dilewati sudah memadai.