Pembagian Set Top Box Gratis, Kemenkominfo : Masyarakat Miskin Desa Sambiroto Sangat Senang

  • Oct 31, 2022
  • Admin Anyar

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan penyaluran bantuan set top box gratis dapat selesai pada Agustus 2022.

Koordinator Infrastruktur Penyiaran Ditjen PPI Kemenkominfo Indra Siswoyo mengatakan berdasarkan data awal yang diperoleh dari DTKS Kementerian Sosial, setidaknya ada 1 juta unit set top box gratis yang akan dibagikan kepada rumah tangga miskin.

"Saat ini, data yang digunakan adalah dari DTKS Kementerian Sosial. Di tahap pertama sudah dilakukan pendistribusian yang dibantu oleh PT POS Indonesia ke 87.000 rumah tangga miskin," katanya dikutip dari tayangan Youtube Siaran Digital Indonesia, Minggu (3/6/2022).

Indra menyebut selama 2022 ini, total bantuan set top box yang akan dibagikan oleh pemerintah adalah sebanyak 1 juta unit.

Berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), sambung dia, saat ini Kemenkominfo juga terus memutakhirkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selain data yang diperoleh dari DTKS Kemenkos agar calon penerima betul-betul tepat sasaran.

Sebagaimana diketahui, program migrasi siaran TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) yang dilakukan pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo beserta penyelenggara multipleksing (mux) telah dimulai sejak 30 April 2022 dan ditargetkan selesai pada 2 November 2022.


Hari ini Masyarakat miskin Desa Sambiroto sangat gembira dengan disalurkannya STB ( Set Top Box) dari Kominfo kepada mereka. mereka berharap dengan diberikannya STB tersebut mereka masih bisa nonton TV dengan tenang walaupun sudah sistem digital .