Pentingnya menerapkan sistem sanitasi yang baik untuk kesehatan

  • Sep 08, 2022
  • Muslichun Alcharis
  • LINGKUNGAN, KESEHATAN

Sistem sanitasi adalah cara pengumpulan, pembuangan, dan pengolahan kotoran manusia dan hewan (feses dan urine) yang aman serta limbah lainnya, seperti sampah dan limbah industri berbahaya.

Sistem ini dibuat untuk menciptakan serta menjaga lingkungan, baik itu tanah, air, maupun udara, agar tetap bersih dan higienis. Dengan lingkungan yang bersih, tubuh Anda pun akan menjadi lebih sehat.

Lalu, apa kaitannya dengan sanitasi yang baik dan kesehatan tubuh? 

Prof. Dr-Ing. Ir. Prayatni Soewondo, MS., Guru Besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB, menyebut paparan kotoran manusia bisa melalui beberapa jalur seperti tanah, air, dan udara.

Kotoran manusia itu sendiri mengandung banyak organisme, seperti bakteri, protozoa, cacing, atau virus, yang bisa menjadi penyebab berbagai penyakit.

Jika pembuangan kotoran teratur dengan baik, Anda bisa terhindar dari paparan organisme tersebut.

Alhasil, Anda pun bisa terhindar dari serangan penyakit dan mencegah penyebarannya, terutama yang berkaitan dengan air, sanitasi, dan kebersihan (WASH).

Adapun salah satu penyakit yang bisa Anda cegah dengan sistem sanitasi yang baik adalah diare.

WHO menyebut, diare adalah salah satu penyakit yang paling sering terjadi akibat sanitasi yang buruk, dan merupakan penyebab utama kematian anak di Indonesia.

Selain mencegah diare, menerapkan sistem sanitasi yang baik juga mendatangkan beberapa manfaat lainnya, seperti di bawah ini.

  • Menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk Anda tinggali.
  • Terhindar dari bau tidak sedap.
  • Terhindar dari pencemaran lingkungan yang memberi dampak lebih luas pada kesehatan.
  • Mengurangi penyebaran penyakit cacingan, schistosomiasis, trachoma, kolera, demam berdarah, disentri, hepatitis A, tipes, polio, hingga COVID-19.
  • Mengurangi keparahan serta dampak malnutrisi, termasuk stunting.
  • Berpotensi pada pemulihan air serta mendapat energi terbarukan dari limbah tinja.

Dengan kata lain, menerapkan cara membuang sampah, limbah, serta kotoran yang baik dapat membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik untuk Anda dan keluarga.

Septic tank biotech adalah solusi dalam masalah sanitasi

Septic tank atau tangki septik merupakan sebuah tempat yang berbentuk sebuah kolam atau juga bak bersekat yang terdapat di bawah tanah diperuntukkan sebagai pembuangan yang terbuat dari bahan yang kedap air, agar air dalam tangki tidak meresap ke tanah.

Septic tank berfungsi sebagai penampungan dan pengolahan kotoran, tinja sementara, yang tidak boleh disalurkan ke saluran pembuangan umum degan maksud untuk mencegah penularan penyakit dan penyebaran bakteri, dan juga sebagai solusi untuk mencegah  timbunan tinja yang dapat mencemari air dan lingkungan.

Jenis-jenis Bio Septic Tank

Perlu anda ketahui, jika septic tank memiliki berbagai jenis yang dapat digunakan sesuai dengan fungsi atau kegunaannya. Terdapat beberapa jenis septic tank berdasarkan pada bahan yang digunakan, diantaranya adalah :

  • Septic tank dari plastik

Kedua terdapat jenis septic tank berbahan plastik polietilen yang jenisnya lebih baik dibandingkan dengan jenis beton dan juga baja karena lebih ringan dan tahan karat. Karena memiliki berat sekitar 0,97 kg yang lebih kecil dari berat air, saat memasangnya perlu untuk memeriksa permukaan air  di area yang akan dipasang. Akan tetapi septic tank berbahan plastik ini mempunyai kekurangan dari segi kekuatannya.

  • Septic tank fiberglass

Septic tank biotech adalah jenis tangki yang dibuat menggunakan bahan fiberglass. Septic tank ini terbuat dari resin yang diperkuat dengan serat FRP (Fiber Reinforced Plactic). Hampir mirip dengan tangki septik plastik, namun bahannya lebih kokoh karena penggunaan serat FRP yang berfungsi untuk memperkuat struktur. Jenis ini sangatlah ringan dan juga mudah dalam pemasangan. Jika anda berminat mendapatkan produk ini, segera hubungi tim marketing kami di Fiberglass Bandung. Dapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran harga yang menarik untuk anda dapatkan.

Jenis septic tank yang memiliki harga yang cukup mahal dengan daya tahan yang rendah, sehingga tak banyak penghuni rumah yang memilih menggunakannya. Selian itu jenis ini juga sangat tidak tahan lama karena mudah berkarat dan korosif. Hal ini dapat menyebabkan septic tank runtuh secara tiba-tiba karena tidak dapat menahan berat. Anda dapat memilih opsi sanitasi d irumah anda adalah bio septic tank, septic tank bio memiliki banyak sekali jenis merk salah satunya biotech. Septic tank biotech adalah salah satu jenis septi tank yang memiliki fungsi yang modern, yaitu dapat mengolah limbah tinja dari pembuangan septic tank menjadi cairan biasa sehingga dapat dialirkan ke pembuangan selokan atau drainase tanpa menimbulkan bau tidak sedap.

  • Septic tank baja