Batik Sayugo

  • Sep 20, 2022

Desa Sambiroto merupakan desa yang terletak di Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Seperti pada umumnya pedesaan, Desa Sambiroto memiliki area persawahan yang sangat luas, sehingga mayoritas masyarakat bermata pencaharian sebagai petani.

Seolah potensi desa yang monoton, remaja Desa Sambiroto melakukan inovasi untuk mengangkat potensi desa tersebut agar mampu bersaing dari segi selain pertanian. Remaja tersebut tergabung dalam wadah Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang memotori terbentuknya inovasi-inovasi khas remaja.

Huda (24) merupakan remaja yang melopori untuk mendongkrak nama Desa Sambiroto dengan berbagai inovasi baik kesenian maupun budaya khas. "Saya tergerak untuk melopori para remaja disini agar lebih meningkatkan kreatifitas mereka.

Selain itu tujuannya yaitu agar lebih merekatkan para remaja Sambiroto dalam kegiatan yang bermanfaat" ungkap Huda. Batik yang dihasilkan oleh PIK-R Sambiroto bernama batik Sayugo yang berarti nama 3 dusun yang ada di Desa Sambiroto yaitu Sambiroto, Klayu, dan Bogo.

Pengalaman sebagai perwakilan Kecamatan Gajah sebagai putera daerah tidak disia-siakan Huda. "pelajaran yang saya dapat saat audisi putera daerah Kabupaten Demak merupakan pengalaman yang sangat berharga. Dari situ pula saya dapat mengerti cara-cara membatik yang sesuai dan benar" tutur Mahasiswa S2 Universitas Diponegoro tersebut.

Kini, batik Sayugo sudah merambah ke dunia bisnis yang mana setiap bulan ada pesanan yang masuk pada PIK-R Sambiroto. "Alhamdulillah setiap bulan kami anak-anak PIK-R mendapatkan orderan dari berbagai instansi pemerintah maupun swasta" kata Huda.

Mahasiswa KKN Tim I Undip Desa Sambiroto pun diajak untuk membatik pada Jumat (17/1)  di Balai Desa Sambiroto. Pengalaman baru bagi rekan-rekan mahasiswa KKN Undip Desa Sambiroto.

"Proses pembatikan ini merupakan yang pertama kali bagi saya, ini sangat berharga dan menambah pengalaman di bidang kebudayaan saya" ujar Rizal Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Undip

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Sayugo, Batik Khas Desa Sambiroto", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/belindaermawati/5e417192097f36734e6b2f03/sayugo-batik-khas-desa-sambiroto

Kreator: Belinda Ermawati