Sejarah Desa

Legenda Desa (asal usul desa)
Tentang sejarah yang pasti berkaitan dengan nama Desa Sambiroto sampai sekarang belum ada penjelasan yang pasti, banyak sumber cerita bila dikembangkan akan terjadi kesimpangsiuran, oleh karena itu Penulis berusaha menyatukan dari berbagai sumber cerita sehingga menjadi kesepahaman bersama. Hal itu dimaklumi karena tidak ada cerita secara tertulis dan diwariskan secara turun temurun dan sudah banyaknya sesepuh desa yang meninggal dunia.
Singkat cerita, dahulu kala desa Sambiroto merupakan hutan rawa yang belum dihuni manusia, ada seseorang sesepuh yang kala itu bernama Nyai Honggosuti yang berasal dari Kerajaan Surakarta, pada waktu itu berkecamuk perang dikerajaan Surakarta lalu Beliau mengembara bersama ketiga saudara kandungnya ke utara jawa, saudara kandungnya yaitu :
1.      Ki Honggowijoyo        (Cikal bakal Desa Banjarsari)
2.      Ki Honggorejo             (Cikal bakal Desa Wilalung)
3.      Ki Honggosutho         (Cikal Bakal Desa Tanjunganyar)
Mereka berempat mengungsi ke daerah utara jawa tepatnya di daerah Glagah Wangi yang sekarang terkenal menjadi Demak Bintoro
Untuk bertahan hidup Nyai Honggosuti membuka lahan dan membuat perkampungan dihutan timur kerajaan Demak Bintoro dengan saudara-saudaranya . karena beliau seorang perempuan maka beliau diberi tugas saudara-saudara laki-lakinya untuk memasakkan (ngliwet isltilah jawanya) ketika saudara-saudaranya sedang bekerja membuka lahan. karena Nyai Honngosuti Perempuan yang Tangguh maka beliau tidak mengharapkan bagian hasil kerja dari saudara-saudara laki-lakinya maka beliau berinisiatif bekerja membuka lahan sendiri dengan tidak meninggalkan tugasnya sebagai anak perempuan dari empat bersaudara
Dari kegiatan Babat Alas tersebut karena Nyai Honggosuti bekerja sambil memasakkan saudara-saudara laki-lakinya dan keberhasilan karena ketekunan, keuletan, ketelatenannya serta tanggungjawabnya sebagai saudara perempuan maka hasil dari kerjanya membuka lahan dan membuat perkampungan maka sampai sekarang terkenal dengan di namai Kampung Sambiroto.
Kesimpulannya Desa Sambiroto Berasal Hari Kata Sambi (istilah jawa) karena bekerja sambil memasakkan saudara-saudaranya dan kata Roto karena keberhasilannya membuka lahan bersama-sama saudara-saudaranya.
Desa sambiroto secara geografis terletak berdekatan dengan Desa saudara-saudaranya yaitu Desa Wilalung, Desa Tanjunganyar, Desa Banjarsari. cuman Desa Sambiroto luas wilayahnya paling sedikit dibandingkan desa -desa disekitarnya karena dari asal usul terbentuknya Desa Sambiroto.