PELAKSANAAN PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILIHAN KEPALA DESA SAMBIROTO KEC. GAJAH TH 2023

  • Oct 12, 2023
  • Muslichun Alcharis
  • BERITA

Minggu delapan oktober 2023 pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa Sambiroto berlangsung aman dan tertib Berlokasi di Halaman Kantor Kepala Desa Sambiroto Kecamatan Gajah, warga desa Sambiroto menggunakan hak pilihnya untuk menentukan kepala desa sebagai pemimpin desa Sambiroto periode tahun 2023-2029. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB warga silih berganti datang untuk mencoblos calon kepala desa sampai ditutupnya pemungutan suara pada pukul 13.00 WIB. pemilih yang bisa hadir dan memberikan suaranya yaitu 1300 jiwa dari Total DPT 1395 yaitu sekitar 93% dari DPT.

Pada musim Pemilihan Kepala Desa ini bakal calon yang ikut Kompetisi yaitu ada 3 bakal calon yaitu 

  1. Nur Kondi
  2. Agus Sukamto
  3. Mohamad Muklis

Dalam proses Pemilihan kepala desa kali ini berjalan lancar tanpa ada kesalahan sedikitpun karena kenetralan panitia serta arahan dari pihak panitia Kecamatan Gajah Kab. Demak untuk sejak lama menyiapkan dari Logistik serta Bintek KPPS yang mengundang Tim Penyusun Tk. Kabupaten dengan cara simulasi Pemungutan serta penghitungan suara. dengan Simulasi KPPS bisa paham dengan detail dengan tugasnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Untuk Pembagian TPS kali ini yaitu sesuai dengan dukuh masing-masing yaitu dibagi menjadi 3 TPS, sehingga pemilih tidak bingung untuk masuk dalam TPSnya. Warga Desa Sambiroto hadir langsung ke TPS, mulai dari pemilih pemula sampai pemilih manula atau lansia. Pemilih yang berhalangan fisik dan dapat hadir dengan diantar langsung oleh keluarga serta dalam proses pemilihan dibantu ketika mencoblos oleh panitia ataupun oleh keluarga setelah dibuatkan berita acara. 

Setelah penutupan Pemungutan suara yaitu jam 13.00 WIB panitia mulai membuka kotak dan menghitung suara dengan disaksikan oleh Pengawas dan para saksi dari masing-masing bakal calon Kepala Desa dan dibuatkan berita acara dengan ditanda tangani panitia dan para saksi.

Dalam Rapat Rekapitulasi, diperoleh Data Perolehan Suara Calon Kepala Desa :

  1. Nur Kondi              : 586 
  2. Agus Sukamto       : 674
  3. Mohamad Muklis   :   25
  4. Tidak Sah              :    15

Hasil rekapitulasi tersebut di setujui dan tidak ada keberatan dari saksi calon, maka dari itu Panitia Pemilihan Kepala Desa Sambiroto memutuskan bahwa calon Kepala Desa terpilih Desa Sambiroto adalah calon dengan nomor urut 02 yaitu Sdr. AGUS SUKAMTO dengan total perolehan suara 674.

Tahapan selanjutnya adalah penyerahan berita acara hasil rekapitulasi, berita acara pemungutan suara, berita acara Penghitungan Suara dari Panitia kepada BPD, untuk di usulkan kepada Bupati Demak untuk di tetapkan menjadi Kepala Desa Definitif